IELTS – Dua Persiapan Penting!

Jadi, setelah saya mengikuti tes IELTS tanggal 8 Juni 2017 yang lalu (baca ceritanya di sini), saya kemudian mendapat hasil yang dikirimkan oleh British Council Indonesia setelah sebelumnya mengakses hasil lewat official websitenya. Hasilnya? Well, honestly saya dapat nilai total passing grade saja; maklumlah, soalnya saya tidak belajar malam sebelumnya (akan saya jelaskan lebih lanjut later on di post ini) dan saya hanya punya waktu singkat untuk persiapan karena kesibukan kerja juga. Pada post saya kali ini, saya akan menjelaskan beberapa hal penting yang harus dipersiapkan sebelum tes IELTS. Kenapa penting? Karena tes IELTS itu tidak murah. Itu saja, menurut saya, alasan kenapa kita nggak boleh sia-siakan kesempatan tes IELTS.

Maka, persiapan-persiapan yang harus kita lakukan sebelum tes IELTS adalah:

  • Persiapan Kesehatan. Yup! Betul. Kebanyakan peserta tes kurang mengindahkan, malah ada yang tidak peduli, dengan hal kecil ini. Kesehatan adalah modal yang sangat berharga. Apa hubungannya dengan tes IELTS ini? Saya tinggal di daerah kaki gunung, jadi cuaca dan udara cenderung lebih dingin. Pilihan tes di Surabaya artinya saya harus tinggal dua hari di tempat baru dengan suhu yang jauh lebih tinggi dari suhu tempat di mana saya tinggal. Jadi, waktu saya tiba di hotel (karena tesnya dua hari, maka saya harus bermalam), walaupun dalam kamar disediakan air conditioner, tapi cuaca Surabaya yang panas tetap menembus sampai ke kamar. Perjalanan yang disertai dengan cuaca panas yang menyebabkan saya berkeringat, membuat saya kemudian merasa meriang. Keesokan paginya, saya pergi tes speaking dengan agak flu. Karena menyempatkan diri untuk belajar sampai malam kemudian, alhasil, waktu tes hari kedua, flu saya menjadi semakin parah sehingga saya harus tarik-tarik hidung saya. Bukan hanya saya saja, tetapi hampir setengah dari keseluruhan peserta mengalami hal yang sama dengan saya. Oleh sebab itu, saran saya adalah jauh-jauh hari sudah persiapkan vitamin yang cukup untuk tubuh; mungkin minum madu, banyak makan jeruk dan buah-buahan lain yang mengandung vitamin C, atau simply dengan tidur yang cukup. Ya, tidur yang cukup. Kalau bisa, jangan tidur larut, apalagi begadang hingga pagi, pada dua hari sebelum tes, hingga pada hari tes selesai. Percayalah, sangat tidak nyaman saat kita ujian dan kita sakit. Konsentrasi akan sangat terganggu.
  • Persiapan tangan. Say what?? Am I serious?? Fortunately, yes, I am serious 100%. Kenapa harus persiapan tangan? Zaman sekarang adalah zaman di mana manusia modern tidak menggunakan tulisan tangan untuk mencatat, apapun itu; semuanya sudah digantikan dengan penggunaan keyboard, entah itu keyboard fisik atau virtual keyboard. Pengalaman yang saya dapatkan adalah bahwa tangan saya kram karena harus menulis banyak. Semua jawaban harus ditulis tangan, dan puncaknya adalah sesi terakhir, yaitu ujian writing, di mana kita harus menulis 150 kata untuk Task 1, dan 250 kata untuk Task 2, dan sesi writing itu harus dilakukan dalam waktu 60 menit. Karena tangan saya kram, pergelangan tangan saya, dan juga jari-jemari saya, sudah tidak dapaat bergerak sedikitpun, sehingga saya harus menggerakkan keseluruhan lengan saya untuk menulis beberapa kalimat terakhir dalam writing task tersebut. Tidak hanya itu saja, saya harus menunggu hingga hampir satu jam agar tangan saya bisa kembali normal. Dari sekarang, berlatihlah untuk menulis menggunakan tangan, sehingga pada hari tes nanti tangan tidak bermasalah. Jangan sampai karena kram tangan, sehingga kita harus mengeluarkan uang dengan jumlah lumayan besar agar dapat mengikuti tes IELTS.

Demikianlah post saya kali ini mengenai dua hal, yang mungkin bagi Anda, hanya hal kecil saja, tetapi menurut saya, kedua hal ini sangat, sangat penting untuk menunjang kesuksesan tes. Silakan berikan input atau komentar Anda di kolom komentar yang tersedia agar postingan saya ke depannya bisa lebih baik lagi.

Next post, I will try to elaborate tips for your writing, listening, speaking, and reading skill preparation for IELTS (and maybe TOEFL?) test.

2 thoughts on “IELTS – Dua Persiapan Penting!

    1. Hahahaha.. Thank you for the suggestion. Unfortunately, that was still school days, so I could not stay longer. I really wish I could, though.

      Like

Leave a Reply

